Kamis, 26 April 2012

Terima kasih tehnologi seluler!

Telepon genggam,ponsel, atau yang biasa disebut HP (handphone) sudah menjadi barang primer saat ini. hampir semua kalangan sudah punya minimal 1. dari siswa SD sampai mahasiswa. dari pedagang asongan sampai pengusaha besar. ini udah jadi barang wajib buat kita. gak kebayang, gua sebagai mahasiswa. kalau gak ada telepon genggam ini. pasti semuanya bakalan jadi lebih sulit. gak bisa ngehubungin orang-orang jauh yang lu sayangin. gak bisa ngejarkomin/dijarkomin informasi penting keteman.bakalan jadi kacau dan gak tentu kalau jadwal kuliahnya dipindahin dosen, praktikum disuruh bawa sesuatu, ngingetin teman, rapat kepanitiaan, liqo. wah, susah banget deh pastinya!

taukah kamu, siapa penemu barang serba guna ini ? telepon genggam pertama yang  sebnarnya ditemukan oleh martin cooper.ini dia orangnya-->
banyak juga yang bilang, DynaTAC temuannya ini ditemukan tim divisi cooper di motorola. telepon genggam ini yang pertama sebagai telepon genggam  yang  sebenarnya. karena sebelumnya sudah ada alat komunikasi dengan memanfaatkan gelombang radio standar yang digunakan pada masa perang dunia kedua. tapi tidak efektif karena keterbatasan daerah jangkaun. DynaTAC sendiri masuk generasi pertama (1G)  berbobot 800 gram. penemuaannya ini mengubah dunia selama-lamanya.

sampai tahun 90-an muncul generasi kedua (2G) generasi kedua ini memperkenalkan tehnologi CDMA (code division multiple acces) dan GSM (global system for mobile communication) pada generasi ini, sinyal analog sudah digantikan dengan sinyal digital dalam penerimaan ponsel. ukuran ponsel pun semakin mengecil, karena kebutuhan batrai yang tidak berat.sinyal radio yang rendah pada generasi ini mengurangi efek radiasi yang berbahaya bagi tubuh.

waktu terus maju, begitupun dengan teknologi. memasuki era 2.5G telepon genggam sudah bisa menerima dan mengirim data dengan cepat. penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (general packet radio service)era 2.5G terbentuk. dengan memasuki era ini, kita bisa menggunakan MMS (multimedia messaging service), E-mail, dan mengakses WAP maupun WWW. generasi ini diakhiri dengan EDGE (enhanced data rates for gsm evolution). yang mana bisa mengirim dan menerima data lebih cepat lagi.

tehnologi 3G masuk. pada generasi kelima ini ponsel bisa menerima sampai 384 kilobit perdetik. yang mana kecepatan segitu sudah memainkan video kualitas vga secara streaming tanpa lag. masuknya era 3G ini memperkenalkan tehnologi video call yang sudah lancar dibandingkan EDGE. pertama kali keluar, banyak orang Indonesia mengira 3G adalah fitur untuk video call. padahal 3G sendiri hanya standar untuk ponsel yang bisa menerima sampai 384 kilobit data perdetik. yang menarik pada era ini, banyak ponsel yang memiliki sistem operasi bak komputer. sistem operasi yang populer saat ini adalah android,windows mobile, dan blackberry os,maupun  iphone os yang eksklusif untuk blackberry maupun iphonenya sendiri. dengan begini, banyka aplikasi bermanfaat yang bisa di instal diponselmu.

dengan tehnologi yang maju, ponselpun mempunyai segmen pasarnya masing-masing. dari blackberry yang membidik konsumen menengah keatas, iphone yang membidik atas ke atas, android yang paling merakyat. dari menengah kebawah sampai menengah keatas ada kelasnya masing-masing. dengan boomingnya jejaring sosial, menguntungkan ponsel karena bisa diakses dimana saja, asal sinyal mulus.

bayangin, sekarang lu bisa bikin tugas kamu di  ponsel, main game, dengerin musik dari lagu digital ataupun radio,nonton videoclip, televisi portable, mengabadikan momen berharga dengan kameralu, mencatat catatan saat gak bawa alat tulis, baca berita online, nerjemahin kata yang gak lu tahu, nyimpan foto orang-orang atau hal yang lu suka, belanja online, pemandu arah. woww banyak banget kan, masih banyak lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar